Mahasiswa UNS Sabet Penghargaan di Paris

Mahasiswa UNS Sabet Penghargaan di Paris

Mahasiswa UNS Sabet Penghargaan di Paris – Menemukan keinginan dan keinginan semua orang tidak dilakukan oleh semua orang. Namun, Muflih Dwi Fikri, mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Surakarta membuktikan bahwa antusiasme untuk diproses akan berubah menjadi prestasi.

Sebagai mahasiswa HI, berkomunikasi dan mempraktikkan diplomasi bukanlah hal asing. Pengetahuan yang dipelajarinya di perguruan tinggi segera dipraktikkan dengan berpartisipasi dalam berbagai jenis kegiatan berjudul Model United Nations (MUN), simulasi sesi internasional dengan perwakilan dari berbagai negara di dunia.

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada 3 Juni 2019, pria yang sering dipanggil Fikri ini memenangkan penghargaan untuk Delegasi Paling Berprestasi di Paris International Model United Nations, kompetisi diplomatik dan simulasi dalam bentuk simulasi PBB. Sesi ini diadakan di Paris, Perancis.

“Kebetulan, saya mendapat bagian untuk mewakili Amerika Serikat di Ruang Sosial-Budaya dan Kemanusiaan (SOCHUM) untuk membahas Hak-Hak Minoritas dengan Penekanan Khusus untuk Muslim Uighur,” Fikri dikutip dari situs web UNS, Sabtu (15/6). / 2019).

Dalam acara tersebut, yang dihadiri oleh lebih dari 500 delegasi dari 34 negara, ia menerima penghargaan “The Most Outstanding Delegation” yang setara dengan peringkat 2 atau Runner Up. Fikri adalah satu-satunya delegasi Indonesia yang memenangkan penghargaan di acara tersebut.

Ketertarikannya pada (MUN) dimulai dengan departemen HI ketika Fikri menjadi mahasiswa baru. Merasa dia telah mendapat manfaat besar dari partisipasinya dalam MUN, dia terus menghadiri acara serupa di tempat yang berbeda.

Dia telah menghadiri tidak kurang dari 10 acara MUN sejak 2017 di dalam negeri dan luar negeri, termasuk IRC MUN 2017 yang baru, MUN Sudirman 2017, MUN Internasional Surakarta bola228, Surakarta MUN 2017, Justicia MUN 2018, Abirama MASEAN 2018, MUN Humaniora di 2018, Smala MUN pada 2019, ITB MUN 2019, SE MUN pada 2019, Padjajaran MUN pada 2019, dan Paris International MUN pada 2019.

Suatu Kebanggaan Bagi Negara Indonesia

Dari acara MUN di atas, Fikri memenangkan beberapa penghargaan, ia menjadi Delegasi Paling Berprestasi di Surakarta International Model United Nations 2017, Justicia MUN pada 2018, dan ABIRAMA Model United Nations pada 2018.

“Sebagai seorang siswa HI, tentu saja dengan berpartisipasi dalam program Model United Nations, keterampilan diplomatik dan negosiasi saya telah meningkat, saya juga terus diperbarui dengan perkembangan masalah internasional, saya juga belajar menulis dan mengembangkan kebijakan,” kata Fikri yang lahir pada 20 Maret 1999.

Menurut Fikri, partisipasinya dalam MUN International Paris memiliki tantangan tersendiri. Semakin banyak peserta dan dari berbagai negara menjadikan suasana lebih kompetitif, standar penilaian yang ditetapkan oleh panitia juga lebih tinggi, selain di Paris ia menemukan hambatan bahasa, karena peserta yang berasal dari berbagai negara aksen peserta menjadi sulit dipahami.

“Mengikuti berbagai acara MUN membuat saya bertemu banyak orang yang menginspirasi saya untuk menjadi lebih baik, saya juga memahami perkembangan masalah internasional dari berbagai negara di dunia. Pengalaman dan pengetahuan saya tentang dunia diplomasi dan masalah internasional mudah-mudahan menjadi bekal untuk mencapai cita-cita saya di masa depan, “pungkas Fikri, yang bercita-cita menjadi Sekretaris Jenderal PBB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *